Selasa, 12 Maret 2013

bagaimana cara mamulai belajar piano ( keyboard )?

teknik bermain piano
 on KUNCI PIANO - Page 6
teknik bermain piano image



Baginda Na


bagaimana cara terbaik belajar note piano ( keyboard ) yg paling pas untuk pemula ?

(bukan virtual piano)



Answer
Ini belajar piano untuk course keyboard (lagu pop, jazz, blues, rock, dll) ato lagu klasik?

Kalo untuk lagu non-klasik, yg pertama kali dilakukan adlah membaca not balok standar dan not angka, dilanjutkan dengan mengenal tuts2 dalam keyboard. Kalo dalam keyboard, kita mengenal batas antara not bass dengan treble, yaitu pada nada C3 di oktaf ke-3. Oktaf ke-1 dan 2 adlh urusannya chord. Oktaf ke-3 sampe 5 adalah untuk nada. Lalu belajar pola2 chord dalam musik.
Yang paling umum dimulai dari do=C, kuasai di wilayah ini dulu. Variasi2 chordnya bisa bermacam2 (kalo pola C Maj) spt C, F, G, Am, Em, D, E, B. Belajar dari pola standar 1-3-5 dulu, baru variasi pola tri-nada 1-3-5, 3-5-i, 5-i-3. (hal2 spt ini dpt gan ketahui dari buku2 teori musik pop. Belajarlah chord dari situ).
Kalo sudah, mulailah belajar menggabungkan nada dengan chord, dimulai dari lagu2 yg sederhana dulu. Kuasai betul feelnya.
Kalo sudah menguasai pola do=C, mulailah berekspansi dari tangga nada dasar yang sedikit not hitamnya hingga yg banyak not hitamnya, spt dimulai dari do=G lalu ke do=F, do=D, do=A, do=E, do=Bb, dll.

Coba gan beli buku2 teori chord keyboard, yg biasanya disertakan contoh2 lagu yang simpel dan populer. Belajarlah dari situ, dan bertekunlah. lama2 berlatih nanti biasa. Spt sekarang ak yg udah 9th belajar piano, udah btul2 hapal diluar kepala posisi do=C, C#, D, Eb, F, F#, G, G#, A, Bb, B.
Dalam keyboard memang ada fitur transpose, namun ak sama sekali tidak menganjurkan pake itu, krn akan membuat gan malas berlatih

Selamat belajar gan, dan ketahuilah kalo belajar keyboard adalah hal yang sangat menyenangkan. :)

====
Nah... kalo untuk musik piano klasik. Tidak ada jalan lain atau jalan instan, kecuali belajar dari sedasar2nya= memencet tuts yang benar, posisi siku dan pergelangan tangan yang benar, dan yang paling ribet adlah... membacan not balok.
Banyak orang yang bekas belajar keyboard pop, saat menjajal piano, mereka begitu keteteran dari 0, bahkan seluruh murid2ku yang ak uji, TIDAK ADA satupun yang berhasil membuat nada legato yang benar walau nada do-re-mi-fa-sol! (dlm klasik pake notasi huruf, C-D-E-F-G).
Membaca not balok, memang membutuhkan ketekunan yang amat sangat, blom lagi kalo udah ketambahan bumbu spt tandar kres (#, naik 1/2 nada), mol (b, turun 1/2 nada), pugar (nada netral), dll dll dll dll dll dll dll. Blom lagi gan harus belajar membaca aksen, birama, pola tempo, dll. (gan harus btul2 tahu apa arti dari birama 2/4, 3/4, 4/4, 6/8, 9/8, 12/8, dll).

Lalu dalam klasik ada yang namanya 'lagu teknik' (dikenal dengan nama 'Etude' dan 'Sonatina') yang tujuan utamanya untuk melatih semua teknik2 bermain piano klasik, dari yang paling dasar legato, appergio, chord, slur, galopp, hingga yang tingkat advanced spt counter-point, aggresive-appergio, secondo octave, appergio octave, dim-slur appergio, dll).

Dalam mempelajari lagu klasik, tidak kata kata kunci lain selain= kesabaran, ketekunan, hobby. Kalo ketiga kombinasi ini tidak gan praktekan dlm belajar piano klasik, nanti akan spt temen2ku, grade 5 ato 6 udah menyerah saking sulitnya.
Kalo gan berhasil belajar piano klasik, mempelajari lagu2 keyboard, pop, organ, dll? Mah semudah membalikkan telapak tangan.
Yah spt ini salah satu contoh Etude tingkat advanced sekali (grade 10+), ciptaan Chopin.
http://www.youtube.com/watch?v=9IbCEF1XF9Q

Bagaimana cara menggunakan teknik Taiping pada gitar?




zaki


kedua tangan bermain di fret gitar


Answer
Mending kamu belajar notasi dulu sebelum masuk pada teknikal. Aku yakin kamu masih belum tau nada2 pada tiap fret di tiap senar pada gitar. Notasi adalah dasar dari musik apapun, baik gitar, piano, biola, flute dan berbagai alat musik harmonis lainnya. Setelah kamu paham betul prinsip notasi, niscaya kamu mampu belajar teknikal apapun dengan alat musik harmonis apapun juga.

Coba dulu kamu cari tau dulu tentang notasi,
itu lho do-re-mi-........dst.
tapi dengan berbagai macam nada dasar lho ya.
jadi jangan hanya belajar notasi dengan nada dasar C saja.

SELAMAT MENCOBA.



Powered By Info Bermanfaat
Update Forex 2013
Artikel Ekonomi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.