Sabtu, 09 Maret 2013

yang ngerti tentang biola sama piano masuk?

akord piano
 on Dominant 7th & Major 7th Piano�Chords
akord piano image



Vania


bagusan biola atau piano?
kira-kira lebih susah yang mana?
kalo biola akustik harganya 1 jutaan bagus gak?
belajarnya lebih lama yang mana?

maav kebanyakan nanya



Answer
Wah kebetulan aku pakar di sini ... :D
Kalo kamu suka lagu-lagu mellow ato country, March, ato mungkin suka klasik yang mendayu-dayu kayak lagu-lagu Bach ato Mozart, pake aja biola. Suara biola itu bener-bener masuk, kaya orang humming.

Kalo kamu suka jazz, rock, klasik, pop, semua jenis lagu masuk ke piano. Masalahnya, piano itu bener-bener melatih otak kiri dan kanan. Kamu harus menguasai dua tanganmu buat main piano. Kalo biola kan yang gerak cuma tangan kiri, tangan kanan cuma mengatur bow. Tapi kalo aku lebih suka piano karena semua kategori lagu bisa dimainin pake piano.

Soal kesulitannya, kalo piano itu kamu harus bisa hafal setiap akord dan iramanya. Tapi setiap nada sudah dibatasi dengan satu tuts yang berlainan. Piano juga mempunyai ritme dan teknik yang berlainan, sehingga harus mengingat satu persatu. Apalagi kalau ingin memainkan lagu karya Bach yang membutuhkan kedua tangan sebagai melodi.

Sedang biola itu hanya terdiri dari empat senar, yang setiap nadanya harus ditentukan dengan menekan jemari untuk mendapatkan tiap nada tertentu. Jadi kalo jari bergeser sedikit aja, suara akan terdengar berbeda. Kamu juga harus menguasai cara-cara menyetem biola. Selain itu, untuk perawatan, biola harus selalu dibersihkan dari waktu ke waktu, atau senarnya akan putus. Pastikan biola nggak terkena udara bebas dalam waktu yang cukup lama, karena stem biola akan berubah. Bow biola juga harus selalu diberi rosin agar tidak licin, sehingga suara biola menjadi lebih kuat.

Kalo biola akustik .. Jangan liat harganya, lihat kualitasnya, (kayu biola) Semakin tua umur kayu biola, semakin bagus kualitas suaranya, karena kayu-kayu biola jaman dulu bener-bener menyerap suara biola dengan baik. Liat juga kualitas senarnya. Kayak aku, aku pake senar Pirastro, memang harga satu paknya 1/2 jt, tapi kualitasnya bagus banget, tebel dan ga gampang putus.

Masalah lamanya belajar ... Sebenernya sama aja, tergantung niatnya. Tapi biasanya kalo piano sedikit lebih lama, karena banyak banget dasar-dasar yang harus dipelajari. Biola kan perkembangan dari piano, jadi selama kamu udah bisa piano, biola tinggal main aja (kalo aku :D)

Semoga pendapat2 ini membantu ... Hehehe selamat belajar!

Gimana ya cara improvisasi PIANO jazz, supaya dapat fell-nya ?




Go Ku


aku udah belajar teori musik, teknik akord, scale dsb, cuma kok fell-nya jazz nya ngak dapet2 ya?
kok kesannya monoton gitu improvisasiku,
apa kalo main jazz itu harus bener2 dari hati ya ??

soalnya kalo aku main lagu2 klasik, pop, rock itu bisa keluar fellnya ???

mohon sarannya
thanks



Answer
hmmm
gw juga "baru" c di dunia jazz
menurut gw, coba dhe latian chord chord progrssive nya, salah satu ciri khas dari jazz.
Jazz itu bisa dibilang lain dari yang lain. Ga semua orang bisa menikmati jazz, padahal sebenernya jazz itu keren banged kan.
Main lagu jazz emang harus "dari hati"
kalo ga, mana bisa muncul feel nya?
Ga cuma jazz, tapi untuk semua aliran musik itu butuh penghayatan. Tapi emang c jazz itu lebih susah untuk mendalaminya karena jazz itu "beda".
Coba dhe rajin - rajin dengerin lagu - lagu jazz, sering - sering share soal musik ke temen - temen. Coba kamu dengerin lagu itu, apa makna lagu nya, apa sich yang mau disampein sama lagu itu. Kenali dulu irama jazz. Pasti kalo kmu udah berhasil, kamu bakal seneng banged ngerubah lagu - lagu "biasa" menjadi jazz. hehehe . . .

JaZZy 4eve ^^v



Powered By Info Bermanfaat
Update Forex 2013
Artikel Ekonomi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.